Kenapa Egypt Kita Sebut Mesir, dan Kenapa Kita Harus Mendukungnya

by
Mohamed Salah sudah menyampaikan bahwa ia akan turun pada laga perdana Mesir lawan Uruguay di Piala Dunia 2018

Berita Terbaru – Mengapa Egypt bisa kita sebut Mesir? Di sini akan diberi penjelasan sepenuhnya, plus alasan mengapa kita selaku rakyat Indonesia harus mendukung skuad Mohamed Salah ini.

Kalau menurut uraian Mahardika Zifana di Kompasiana, kata Mesir – bukan Egypt – merupakan panggilan yang sudah dikenal jauh turun menurun oleh rakyat kita. Nama asli yang digunakannya pun sudah mengandung nama ‘Mesir’, yaitu Jumhūriyyat Miṣr al-’Arabiyya atau Republik Arab Mesir.

Menurut Zifana, rakyat Indonesia juga mengenal istilah Mesir karena penyebutan yang sama terjadi di dalam kita suci Al Quran, dengan kata Mashr (Mesir) disebutkan secara eksplisit lima kali (menggunakan kata Mashr), sisanya menggunakan kata lain yang merujuk ke objek yang sama. Lima ayat itu adalah Surah Yunus ayat 87, Surah Yusuf ayat 21 dan 99, Surah Al Baqarah ayat 61, dan Surah Al Zukhruf ayat 51.

Silakan cek sendiri tulisan Mahardika Zifana di Kompasiana, dengan tajuk “Kenapa Egypt jadi Mesir, Greece jadi Yunani, dan Netherland jadi Belanda?” Kompasiana ini adalah semacam tempat ngeblog di bawah asuhan Kompas.

Soal kedua, adalah alasan kenapa kita harus mendukung Mesir di Piala Dunia 2018. Sebagian akan merasa itu karena di sana ada pahlawan baru sepak bola bernama Mohamed Salah. Sang pemain Liverpool ini masih berusia 25 tahun. Jadi dia bisa menggantikan kegemaran kita pada Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi saat dua bintang ini semakin surut karena usia lanjut.

Yang lebih penting adalah, kita harus mendukung Mesir karena pemerintah negara ini adalah yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 waktu kabar proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno direlay secara beruntun melalui siaran radio dan akhirnya sampai ke tanah Arab.

Mesir dan Mohamed Salah akan menjalani laga pertama Piala Dunia 2018 pada Jumat (15 Juni) petang besok pukul 19.00 melawan tim kuat Uruguay, sebelum menjumpai tuan rumah Rusia pada 20 Juni dan Arab Saudi pada 25 Juni.

Meski ia baru saja sembuh usai dikasari oleh kapten Real Madrid Sergio Ramos, tapi Mo  Salah mengaku akan turun bermain untuk laga pertama Mesir lawan Uruguay di ajang Piala Dunia 2018.

Berita Kenapa Egypt Kita Sebut Mesir, dan Kenapa Kita Harus Mendukungnya dari Gilabola.com.

Source: Berita Bola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *