Analisa Membuktikan! Timnas Belgia Calon Juara Piala Dunia 2018

by
Timas Belgia di Piala Dunia 2018 Rusia

Berita Terbaru – Tiga puluh dua negara, satu pemenang Piala Dunia. Tapi bagaimana Anda bisa memprediksi tim yang akan menjadi juara Piala Dunia 2018 di Rusia? Begini caranya …

Dengan melihat tren, statistik dan pola dari turnamen masa lalu, BBC Sport telah mengeleminasi 31 negara dan menyimpulkan negara mana yang akan dinobatkan sebagai juara Piala Dunia 2018.

Inilah beberapa faktor yang harus dimiliki sebuah tim calon pemenang Piala Dunia 2018 …

32 Tim Peserta Piala Dunia 2018

Jadilah Unggulan

Sejak peserta Piala Dunia diperbanyak menjadi 32 tim pada tahun 1998, semua juara sebelumnya selalu sudah menjadi unggulan. Memang, pemenang non-unggulan terakhir adalah pada tahun 1986, ketika Argentina memenangkan gelar juara melalui gol ‘Tangan Tuhan’ Diego Maradona. Dalam hanya memilih tim unggulan ini akan mengeleminasi 24 tim dalam kompetisi dan menyisakan delapan tim.

8 Tim Calon Pemenang Piala Dunia 2018

Jangan jadi tuan rumah

Rusia mendapat keuntungan dengan menjadi negara tuan rumah. Dengan peringkat dunia hanya di posisi 66, mereka tidak akan menjadi salah satu dari delapan teratas jika mereka bukan yang menggelar hajatan akbar ini.

Menjadi tuan rumah Piala Dunia bukan rute menuju kesuksesan. 11 gelaran pertama turnamen ini, dari 1930 hingga 1978, menghasilkan lima pemenang yang juga menjadi tuan rumah. Sejak itu, dari sembilan turnamen terakhir kita telah menyaksikan tuan rumah menjadi juara hanya sekali, yaitu Timnas Prancis pada tahun 1998.

Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan atau Afrika Selatan memang tidak akan mungkin akan memenangkan Piala Dunia saat menjadi tuan rumah, namun Italia pada tahun 1990, Jerman pada tahun 2006 dan Brasil empat tahun lalu juga terbukti tidak terbantu dengan menjadi negara tuan rumah.

7 Tim Calon Pemenang Piala Dunia 2018

Kebobolan Paling Sedikit

Di era Piala Dunia dengan 32-tim, tak satu pun dari lima juara telah kebobolan lebih dari empat gol sepanjang tujuh pertandingan mereka.

Melihat tujuh tim pilihan yang tersisa, Polandia sejauh ini memiliki pertahanan paling buruk selama kualifikasi, kebobolan 1,4 gol per pertandingan.

Jerman dan Portugal kebobolan 0,4 per pertandingan, Belgia dan Prancis 0,6, Brasil 0,61 dan Argentina 0,88.

6 Tim Calon Pemenang Piala Dunia 2018

Harus dari Eropa

Pemenang Piala Dunia hanya berasal dari Eropa dan Amerika Selatan. Sampai saat ini, tim-tim Eropa tidak atau kurang tampil dengan baik, tetapi keberhasilan Spanyol di Afrika Selatan dan kemenangan Jerman di Brasil membantah tren tersebut.

Turnamen di Eropa, hampir selalu dari Eropa juga yang menjadi pemenangnya. Dari 10 kompetisi yang diselenggarakan oleh negara-negara dari Eropa, hanya satu yang dimenangkan oleh negara dari luar Eropa, dan itu saat tahun 1958 saat kemenangan Brasil atas Swedia.

4 Tim Calon Pemenang Piala Dunia 2018

Memiliki kiper terbaik

Anda mungkin berpikir bahwa pencetak gol paling produktif akan memenangkan Piala Dunia, tetapi hanya dua kali sejak 1982 ada juara yang pemainnya juga memenangkan Sepatu Emas – Ronaldo dari Brasil pada 2002 dan David Villa dari Spanyol pada tahun 2010.

Pemenang Piala Dunia sebenarnya lebih tepat ditentukan oleh penjaga gawang mereka, ada empat kiper dari lima penghargaan Golden Glove terakhir yang ikut di turnamen kali ini dan salah satunya akan menjadi tim yang mengangkat trofi.

Dari empat tim yang tersisa, tidak sulit untuk membayangkan salah satu dari Manuel Neuer (Jerman), Hugo Lloris (Prancis) atau Thibaut Courtois (Belgia) yang dinobatkan sebagai kiper terbaik kali ini. Tampaknya lebih sulit bagi Rui Patricio dari Portugal akan memboyong Golden Glove.

3 Tim Calon Pemenang Piala Dunia 2018

Punya pengalaman

Skuad pemenang Piala Dunia harus banyak berpengalaman, sebuah tren yang dimulai ketika Piala DUnia berkembang menjadi 32 tim pada tahun 1998.

Pada kesempatan itu, sang juara Prancis memiliki skuad yang rata-rata memiliki 22,77 caps per pemain atau penampilan bersama Timnas. Empat tahun lalu, Jerman masing-masing punya rata-rata 42,21 caps per pemain. Brasil rata-rata 28,04 penampilan pada tahun 2002, Italia 32,91 penampilan pada tahun 2006 dan Spanyol 38,30 cpas pada tahun 2010.

Ketika tiga tim terakhir yang tersisa memastikan nama pemain terakhir yang akan mereka boyong ke Piala Dunia 2018, pemain Prancis kini memilik rata-rata 24,56 caps, sementara Jerman berada di 43,26 dan 45,13 di Belgia.

2 Tim Calon Pemenang Piala Dunia 2018

Jangan jadi juara bertahan

Piala Dunia sangat sulit untuk dipertahankan. Brasil yang pernah memenangkan turnamen secara berututan pada tahun 1958 dan 1962, mereka memiliki tim yang mengangkat trofi dua kali berturut-turut.

Bahkan, sejak kemenangan ganda Brasil tersebut, 13 juara bertahan hanya berhasil melewati perempat final pada dua kesempatan – Argentina pada tahun 1990 dan Brasil pada tahun 1998. Dalam empat turnamen terakhir, juara bertahan telah tersingkir di babak penyisihan grup pada tiga kali kesempatan.

Jerman memiliki catatan paling bagus di Piala Dunia. Dalam sembilan turnamen terakhir – termasuk tiga saat masih disebut Timnas Jerman Barat – mereka telah menang dua kali, mencapai tiga kali final lagi dan menempati posisi ketiga pada dua Piala Dunia lagi.

Namun, ketika harus memenangkannya lagi di Rusia, sejarah bertentangan dengan mereka. Jadi, begitulah. Maka hanya satu tim yang tersisa dan itu adalah Timnas Belgia yang akan memenangkan Piala Dunia 2018.

Timnas Belgia Calon Pemenang Piala Dunia 2018
Timnas Belgia Calon Pemenang Piala Dunia 2018

 

Source: BBC – Graphics by BBC Sport’s Katie Moses and Andrew Park

Berita Analisa Membuktikan! Timnas Belgia Calon Juara Piala Dunia 2018 dari Gilabola.com.

Source: Berita Bola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *